Ketika inget game Need For Speed: Most Wanted. Kita tentunya bakalan inget akan dua hal. Pertama adalah bagaimana kita bersusah payah melawan para Blacklist yang ada. Dan yang kedua, adalah bagaimana bisa lolos dari jeratan polisi yang menjadi rival kedua kita selain para anggota Blacklist.

Karena kesuksesan seri Most Wanted itu. Pastinya banyak yang enggak sadar jika game ini punya seri lanjutannya (dan malahan merupakan sekuel langsung Most Wanted). Yang bernama Need For Speed: Carbon.

Bahkan banyak para player NFS mengatakan kalo game ini meskipun masih mendompleng nama besar Most Wanted. Tapi kurang berhasil memberikan feel yang sama seperti halnya game tersebut.

Dalam tulisan ini, gue bakalan mengajak kalian, untuk yang pernah memainkan dan sama sekali belum tahu akan eksistensi dari Need For Speed: Carbon. Mengenai alasan mengapa bisa di katakan, seri Carbon ini gagal menyamai kesuksesan seri Most Wanted yang padahal merupakan prekuelnya.

Mengapa Need For Speed: Carbon Tidak Sesukses Seri Most Wanted?
1. Melupakan Segala Hal-hal Positif Yang Ada Dalam Seri Most Wanted

Hal paling fatal yang EA (terutama Black Box sebagai developer) dalam seri Carbon ini adalah mereka meminggirkan segala keseruan yang ada di seri Most Wanted dan menggantinya dengan sesuatu yang baru, meskipun nampaknya enggak baru-baru amat.

Hal-hal tersebut merupakan kehadiran polisi, jumlah rival yang harus di kalahkan, serta progress pemain yang cukup monoton. Karena itu, banyak player yang sudah memainkan game ini biasanya akan merasa malas-malasan menamatkan game ini. Karena semua yang di lakukan terasa sangat repetitif dan sampai di titik di mana game ini benar-benar boring untuk di mainkan.

2. Kehadiran Polisi Yang Hanya Menjadi “Obat Nyamuk” Saja

Well, satu hal yang kita sukai dari seri Most Wanted adalah bagaimana game tersebut mampu memaksimalkan peran polisi dalam progress in–game nya. Para polisi di libatkan sebagai salah satu syarat untuk melawan salah satu anggota Blacklist dengan angka Bounty yang sudah di tetapkan.

Positifnya, seri Carbon membawa polisi di dalam game nya. Tapi, nih. Polisi tuh jadi kayak enggak ada fungsinya lagi di gamenya. Karena, fokus para player di utamakan dengan bagaimana mereka berhasil menguasai sebuah wilayah.

Sehingga, jika biasanya pada sedang balapan dan ada polisi yang datang mengganggu kita juga bakalan siap-siap kejar-kejaran dengan mereka. Di seri Carbon, yang kita pikirin hanyalah cuma gimana secepatnya kita lolos dari kepungan mereka. Karena ya itu tadi, enggak ada fungsinya sama sekali dalam progress in–game nya.

3. Terlalu Fokus Pada Balapan

Sejak awal hadir dalam konsol PS1. Memang seri Need For Speed itu berfokus dengan balapan liar di jalan. Tapi keputusan menambahkan polisi saat seri Hot Pursuit seakan jadi ide segar yang bisa jadi senjata pamungkas seri NFS kedepannya.

Singkatnya, seri Carbon ini ingin kembali ke akar Need For Speed dengan memfokuskan gamenya pada aspek balapan liarnya saja. Namun sekali lagi, akibat seri Most Wanted yang berhasil menyeimbangkan fokus balapan dengan kejar-kejaran polisinya.

Seri Carbon berhasil bikin para player yang udah nyicip atau namatin Most Wanted merasa kalo mereka kehilangan setengah keseruan mereka kala memainkan seri Carbon ini.

4. Rival & Progress In-Game nya Kelewat Singkat

Bagi yang belum pernah memainkan seri Carbon. Game ini memiliki premis perang geng balap liar untuk menguasai sebuah wilayah. Total terdapat 4 wilayah yang di pimpin masing-masing empat geng besar. Dalam satu wilayahnya, masih ada sub wilayah yang juga berisi geng-geng balap kecil lainnya.

Tapi untuk menguasai satu sub wilayah, kalian hanya perlu menyelesaikan dua dari tiga balapan yang tersedia. Dan jika sub-sub wilayah tadi sudah di kuasai semua. Kalian akan mendapat kesempatan melawan Rival yang ada dalam seri tersebut. Dan tentu saja, hal ini bikin Progress In-Game nya menjadi benar-benar cukup singkat.

Mungkin, nih kalo sewaktu-waktu kalian berniat menamatkan game ini. Kayaknya kalian enggak perlu fitur Save Game sama sekali. Karena game ini sangat bisa di tamatkan dalam kurun waktu kurang dari empat jam.

5. Hal-hal Lain Yang Tidak Bersifat Wajib Diselesaikan

Hal-hal lain yang gue maksud dalam poin ini adalah mode-mode di luar Career Mode. Seperti mode Challenge Series dan Rewards Card. Memang, kedua mode tersebut jika kalian mainkan nantinya akan di berikan beberapa reward baik itu Parts mobil, Upgrade onderdil, bahkan mobil yang nantinya akan tersedia di Car Lot dalam karir mode.

Mayoritas, mobil-mobil Bonus dalam seri Carbon sudah terbuka semua bahkan saat kondisi kalian belum menamatkan game tersebut. Sehingga, enggak ada alasan lain untuk memainkan seri game Carbon selain hanya menamatkan, sekaligus mengetahui bagaimana nasib karakter yang juga hadir di seri Most Wanted itu.

Kiriman serupa