Sistem Operasi Windows 10 memang memiliki kinerja yang baik dan efisien hanya dengan menggunakan pengaturan standarnya. Namun, kinerja tersebut masih bisa kita tingkatkan agar mendapatkan kinerja yang lebih baik.

Berikut akan kami berikan 5 tips mudah untuk meningkatkan kinerja dari Windows 10, silahkan coba satu persatu untuk mendapatkan performa yang lebih baik serta membantu mengurangi dan menghilangkan potensi kesalahan.

Matikan visual efek dan bayangan

Windows 10 memang memiliki beberapa fitur tampilan dan nuansa yang menarik untuk mengatur jendela tampilan, teks, ikon dan area lainnya. Namun, meskipun akan terlihat bagus dan menarik, fitur tersebut yang dikenal dengan Shadowing dan Visual Effect akan menguras sumber daya sistem dan dapat menyebabkan operasi windows menjadi lebih lambat.

Untuk mematikan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut ini

Dikolom pencarian sebalah tombol Start, ketikkan sysdm.cpl dan tekan Enter.
Di Jendela System Properties, klik tab Advanced.
Pada tab Advanced, klik tombol Settings di bagian Performance.
Di Jendela Performance Optioin, pilih opsi Adjust for best performance, lalu klik OK.

Sesuaikan Pengaturan Power Windows
Komputer membutuhkan sumber daya, itu bukan rahasia lagi. Tapi kapan dan bagaimana komputer menggunakan daya tersebut banyak orang yang tidak terlalu perduli. Windows secara default menggunakan power plan yang dapat mengakibatkan kinerja komputer menjadi lambat. Jika kamu menggunakan komputer desktop atau laptop yang terhubung ke adaptop power, kamu bisa menyesuaikan power plan Windows dan meningkatkan kinerja komputer.

Catatan: Jika kamu menggunakan laptop dan menggunakan baterai sebagai sumber daya yang digunakan, tidak dianjutkan menggunakan power plan ini. Baterai akan lebih cepat kehabisan daya jika kamu menggunakan power plan dengan kinerja tinggi ini.

Untuk menyesuaiakan power plan, ikuti langkah berikut ini

Buka Control Panel
Cari dan klik utilitas Power Options
Di jendela Power Options, pilih High performance pada bagian Power Plan, kemudian tutup jendela tersebut.

Jika kamu ingin menyesuaikan pengaturan pada High performance tersebut kamu bisa klik di Change plan settings.

Untuk pengguna Laptop yang menggunakan baterai, disarankan untuk menggunakan pilihan Balanced atau Power Saver untuk menjaga daya baterai lebih tahan lama.

Jalankan Windows System Maintenance

Pada Windows 10 terdapat utilitas maintenance bawaan yang dapat membantu menemukan dan memperbaiki masalah pada sistem operasi. Dan juga bisa mengidentifikasi dan menjalankan proses yang dapat membantu meningkatkan performa komputer.

Caranya adalah sebagai berikut.

Di kolom pencarian sebelah tombol Start, ketikkan “system maintenance” dan tekan Enter.
Di jendela Security and Maintenance, klik link Troubleshooting.
Di jendela Troubleshooting, dibawah System and Security, klik link Run Maintenance Task
Di jendela System Maintenance, klik tombol Advanced dan pastikan Apply repairs automatically tercentang.
Klik tombol Next untuk memulai proses, jika muncul pesan yang mengatakan untuk menjalankan troubleshooter sebagai administrator, klik Try troubleshooting as an administrator dan tunggu hingga proses selesai
system maintenance
Jika ditemukan error atau masalah, atau saran yang muncul, ikuti saja langkah-langkah yang muncul untuk memperbaiki kesalahan dan masalah.
Matikan atau hapus TSR dan nonaktifkan program startup
Program dan proses yang berjalan di latar belakang, dikenal dengan TSR, menggunakan memori di komputer dan dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat. Beberapa program dan proses ini tidak terlalu penting untuk pengoperasian sistem operasi dan dapat dimatikan.

Untuk mematikan dan menonaktifkan TSR dan program dari startup di Windows, ikuti langkah-langkah di link dibawah ini.

Cara menonaktifkan program TSR dan Startup

Jika kamu tidak yakin program dan proses mana yang harus dimatikan dan di nonaktifkan, kunjungi link website Should I Block It dibawah ini untuk mencari nama program dan proses. Should I Block It dapat membantu kamu menentukan apakah program dan proses ini dibutuhkan atau tidak saat sistem operasi dijalankan

Bersihkan Windows Registry
Windows registry banyak menyimpan informasi tentang sistem operasi, software, dan file. Jika da informasi buruk, Shortcut program yang rusak, atau masalah lainnya, ini dapat memperlambat berjalannya proses komputer. Masalah didalam registry juga dapat menyebabkan masalah lain, seperti eror Blue screen of Death.

Memperbaiki masalah di registry dapat membantu mempercepat komputer, memungkinkannya berjalan lebih efisien dan menghilangkan permasalahan. Registry sangat kompleks dan bukan sesuatu yang dapat kamu perbaiki secara manual, karena bisa menyebabkan masalah lain yang lebih buruk. Pilihan yang tepat adalah dengan menggunakan registry cleaner. Berikut adalah beberapa registry cleaner yang kami rekomendasikan.

Ccleaner – memperbaiki banyak masalah registry, dan memiliki beberapa peralatan tambahan untuk mempercepat komputer
EasyCleaner – basic, tapi merupakan registry cleaner yang handal
Glary Utilities – pembersih registry yang hebat, dan memiliki beberapa peralatan tambahan untuk meningkatkan ruang harddisk dan memperbaiki kinerja komputer

Kiriman serupa