Mengenal COD Mobile
Mendengar nama COD alias Call of Duty, kamu mungkin jadi teringat dengan game FPS (first-person shooter) yang populer di konsol PlayStation, Xbox, dan tentunya di PC. Nah, kabar baiknya, kini kamu bisa memainkan game FPS legendaris tersebut dalam genggaman tangan alias di smartphone. Call of Duty sudah punya versi COD Mobile.

COD Mobile ini bisa dikatakan jadi penyegaran genre shooter di mobile yang sempat didominasi oleh game battle royale seperti PUBG Mobile atau Free Fire. Game ini menawarkan mode FPS klasik yang bikin kita bernostalgia layaknya game Counter-Strike.

COD Mobile menawarkan beragam mode permainan menarik sehingga membuat game ini jadi lebih asyik dimainkan. Yuk, kita bahas apa itu COD Mobile beserta fitur dan gameplay yang ditawarkan di game ini!

Apa Itu COD Mobile?
COD Mobile adalah game multiplayer free-to-play ini merupakan hasil pengembangan TiMi Studio Group, grup anak perusahaan dari Tencent Games. COD Mobile dirilis oleh Activision untuk platform Android dan iOS pada 1 Oktober 2019 setelah pertama kali diumumkan pada Maret 2019.

Membawa nama besar COD, game ini terbilang sukses besar di masa awal perilisannya. Di bulan pertama perilisan, COD Mobile telah diunduh lebih dari 148 juta kali dengan pendapatan sekitar 54 juta dolar. Angka fantastis tersebut membuat peluncuran game mobile ini menjadi salah satu yang terbesar sepanjang sejarah.

Hampir dua tahun sejak awal dirilis, game ini masih mendulang kesuksesan besar. Saat perayaan hari jadi yang pertama, COD Mobile tercatat mampu meraup pendapatan hingga 480 juta dolar serta 270 juta download. Terhitung Mei 2021, game ini telah mencapai 500 juta download sehingga menjadikannya salah satu game mobile terbesar di dunia saat ini!

Ada yang membuat COD Mobile lebih istimewa dibandingkan game FPS atau shooter lain seperti PUBG Mobile dan Free Fire. Game ini menawarkan ragam jenis mode permainan multiplayer yang tidak terbatas pada FPS klasik, tapi juga mencakup battle royale hingga mode zombie.

Fitur Multiplayer COD Mobile
Di mode FPS klasiknya saja, COD Mobile menawarkan beberapa mode permainan lagi yang bisa kamu pilih. Mode-mode permainan FPS tersebut antara lain Bomb Mission, Domination, Free for All, Frontline, dan Team Deathmatch.

Kamu yang pernah main Counter-Strike pasti tahu dengan mode Bomb Mission. Ya, mode ini membagi dua tim dengan misi yang berbeda. Satu tim sebagai teroris yang diwajibkan harus memasang bom. Tim satu lagi merupakan “detasemen antiteror” yang bertugas mempertahankan site dari serangan teroris.

Hampir semua mode permainan tersebut berbasis tim lima lawan lima, kecuali Free for All yang mengusung pertempuran perorangan. Kamu bakal bermain di map-map yang pasti familier kalau kamu pernah bermain COD: Modern Warfare atau Blackops seperti Nuketown, Crossfire, Killhouse, Crash, Firing Range, hingga Hijacked.

Untuk mode Multiplayer, ada tiga opsi yang bisa kamu pilih. Ketiganya adalah Normal, Ranked, dan Private. Normal adalah mode klasik untuk bermain tanpa mengejar achivements atau rank. Sedangkan mode Ranked sesuai namanya adalah mode kompetitif bagi kamu yang ingin mengejar achievements dan berlomba-lomba untuk jadi yang terbaik.

Mode Battle Royale COD Mobile
Ada alasan kenapa COD Mobile patut mendapat pengakuan sebagai game mobile terbesar saat ini. Ragam permainan yang ditawarkan membuat game ini mengundang banyak player base. Tidak mau kalah dari game-game seperti PUBG Mobile, Free Fire, atau Fortnite, COD Mobile turut menghadirkan mode battle royale yang penuh kejutan.

Bisa dibilang mode battle royale di COD Mobile bukan mode survival biasa. Memang pada dasarnya battle royale di game ini punya konsep yang sama. Kamu akan berada bersama 99 pemain lain untuk saling menghabisi demi menjadi satu-satunya penyintas alias last man standing.

Nah, hal yang bikin battle royale COD Mobile lebih menarik dari game sejawat lainnya adalah adanya sistem kelas. Sebelum memulai permainan, kamu diharuskan memilih satu dari tujuh kelas yang tersedia, yakni Clown, Defender, Mechanic, Medic, Ninja, Scout, dan Trickster.

Seperti sistem kelas di game RPG, masing-masing kelas punya kemampuan unik. Misalnya Scout yang bisa mendeteksi musuh, Medic yang bisa menyembuhkan alias heal diri sendiri dan tim, atau Ninja yang bisa memanjat medan tinggi dengan grappling hook.

Lebih menarik lagi, kamu bisa menggunakan kendaraan yang tidak akan kamu temukan di game battle royale lain. Kendaraan tersebut adalah helikopter yang bisa menjadi keunggulan untuk tim kamu jika ada yang bisa mengendarainya. Selain helikopter, kamu bisa menggunakan kendaraan yang umum ditemukan seperti mobil, truk, kapal, hingga ATV.

Mode Zombie COD Mobile
Jika kamu saling bertempur dengan pemain lain di mode-mode di atas, mode Zombie lain cerita. Di sini kamu diharuskan bekerja sama dengan pemain lain (co-op) untuk bisa selamat dari serbuan zombie!

Mode yang sebenarnya diadaptasi dari seri Black Ops ini menuntut kamu dan pemain lain untuk bertahan dari serangan zombie yang terbagi dalam beberapa waves. Di mode ini, kamu bisa bertahan dengan beberapa cara, seperti memperbaiki bangunan, mengambil buff, hingga menghidupkan kembali rekan setim kamu.

Jika berhasil bertahan dari waves zombie ini, kamu akan mendapatkan hadiah berupa shard yang bisa ditukarkan menjadi item. Sayangnya, mode seru ini tidak permanen alias hanya diaktifkan sementara waktu. Mode ini pertama kali diluncurkan pada November 2019, tapi dihapus per Maret 2020. Mode Zombies akhirnya kembali dirilis dengan sedikit perbaikan dari versi sebelumnya.

Fitur Permainan Unik COD Mobile, Scorestreaks dan Loadout
Inovasi yang ditawarkan pada fitur permainan COD Mobile tidak terbatas pada sistem kelas pada mode battle royale. Di mode FPS, ada sejumlah fitur yang membuat game ini tampil beda dan dijamin tidak membuat bosan pemain.

Fitur-fitur tersebut adalah Scorestreaks dan Loadout yang akan dijelaskan secara detail di bawah ini. Kedua fitur tersebut pasti diketahui pemain Call of Duty di konsol dan PC. Namun, pemain yang baru merasakan atmosfer permainan Call of Duty di COD Mobile pasti bertanya-tanya tentang fitur ini.

COD Mobile Scorestreaks
Di mode FPS – Multiplayer COD Mobile, fitur Scorestreaks merupakan sistem hadiah untuk pemain yang performanya baik secara terus menerus. Performa tersebut diukur dari raihan kill pemain. Jika berhasil meraih jumlah kill yang ditentukan, kamu bisa mendapatkan perkakas spesial seperti drone, UAV, airdrop, turret, hingga rudal!

Perlu kamu ketahui, perkakas dari Scorestreaks tidak bisa kamu pilih sesuka hati. Ada tingkatan perkakas yang bisa didapat sesuai dengan poin dari kill di permainan. Berikut tingkatan Scorestreaks di COD Mobile:

– UAV: memperlihatkan posisi musuh di mini-map.

– Hunter Killer Drone: drone pembunuh yang bisa mengejar dan menghabisi musuh.

– Counter-UAV: membuat musuh tidak bisa mini-map dalam sementara waktu.

– Predator Missile: mengirimkan rudal penghancur

– Sentry Gun: memasang sebuah senapan otomatis tanpa awak dan menembakkan musuh secara otomatis.

– SAM Turret: misil otomatis yang bisa menembak jatuh drone, misil, atau chopper dari Scorestreaks musuh.

– Stealth Chopper: memanggil helikopter yang tidak terlihat musuh dan menghujankan bom.

– VTOL: mengendalikan pesawat VTOL untuk menembak musuh dengan misil atau senapan dari udara.

COD Mobile Loadouts
Fitur ini berfungsi layaknya ruang loker bagi pemain sebelum bertempur. Di sini, kamu bisa melakukan apa pun untuk kustomisasi karakter, seperti mengganti skin, senjata, hingga menaikkan levelnya.

Tidak hanya meningkatkan level, kamu juga bisa menentukan attachment yang akan digunakan untuk bertempur. Kamu juga bisa menentukan operator skill serta perkakas mana yang akan dipilih.

Kiriman serupa